Halaman

Senin, 28 Oktober 2013

Keunggulan dari serat optik

Keunggulan dari serat optik antara lain:


a.        Kekebalan terhadap Interferensi Listrik
Serat optik dapat digelar tanpa gangguan apapun di daerah yang padat akan interferensi dan derau listrik (noise electricity).

b.       Komunikasi Bebas Percakapan Silang
Percakapan silang tidak akan mengganggu komunikasi via serat optik, bahkan jika serat-serat yang digunakan diletakkan sangat rapat satu sama lainnya.

c.        Serat optik merupakan Isolator Listrik

Karena terbuat dari bahan isolator listrik, serat optik dapat digunakan secara aman di daerah-daerah bertegangan listrik tinggi. Serat optik tidak akan menimbulkan loncatan arus, dan dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang berbeda potensial listrik.

d.        Pita Lebar (Bandwith) yang Lebih Besar
Karena frekuensi gelombang cahaya sangat tinggi, maka  bandwith yang tersedia untuk komunikasi juga sangat lebar. Serat optik dapat menyediakan bandwith dalam bilangan beberapa Gigahertz, dibandingkan dengan bandwith kabel coaxial tembaga yang hanya mencapai ratusan Megahertz.

e.       Keamanan
Transmisi melalui serat optik tidak memancarkan radiasi elektromagnetik, maka komunikasi dapat dilakukan dengan sangat aman.

f.        Rugi-rugi daya (Power Loses) Rendah
Serat optik hanya menimbulkan rugi-rugi sinyal yang sangat rendah bahkan hingga serendah 0,2 dB/km. Dengan demikian, jarak antar repeater di dalam sistem transmisi dapat dibuat jauh lebih lebar atau jauh.

g.       Ukuran dan berat
Serat optik hanya dibungkus dengan lapisan buffer berukuran sangat kecil dan sangat ringan, sehingga memungkinkan penggunaannya untuk aplikasi-aplikasi semisal endoskop. Bahkan setelah ditambahkan berlapis-lapis pelindung sekalipun, kabel yang dihasilkan masih jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan kabel tembaga yang setara.

h.        Hanya Membutuhkan Sehelai Serat
Satu helai serat optik sudah cukup untuk mengirimkan sinyal, sedangkan kabel tembaga membutuhkan kabel sepasang kawat konduktor. Hal ini dikarenakan listrik hanya dapat mengalir pada sebuah rangkaian tertutup, dan sepasang kawat dibutuhkan untuk membentuk rangkaian tertutup itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar